Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flashing Lenovo A369i

Flash Lenovo A369i
Source image : http://oketekno.com/

Sebelum melakukan Flashing Lenovo A369i, berikut tools yang diperlukan :
  1. Firmware Lenovo A369i, pilih salah satu :
    Lenovo A369i_ROW_S108_130929
    Lenovo A369i_ROW_S110_140108
  2. Software Flash Tools
    - Flash Tools
  3. Driver USB
    SAMSUNG_USB_Driver_for_Mobile_Phones_15160 / Mirror 1
    Lenovo_A369i_driver_file
Sebenarnya pada firmware pada file nomor 1 sudah lengkap, tapi apabila ada gangguan bisa download file nomor 2 dan 3. Setelah selesai download software yang diperlukan, berikut tutorial untuk Flashing Lenovo A369i :
  1. Bahwa file RAR berisi 3 folder - yaitu: Lenovo A369i_ file driver, Lenovo A369i_Software Upgrade Tools dan Target_bin. Ekstrak semua dari mereka dalam sebuah direktori sesuai dengan keinginan anda. (That RAR file will contain 3 folders - namely: Lenovo A369i_ driver file, Lenovo A369i_Software Upgrate Tool and Target_bin. Extract all of them in a convenient directory to work on.)
  2. hal pertama yang kita perlu lakukan adalah driver untuk telepon. Kita akan menginstal terlebih dahulu sebelumnya. Untuk menginstalnya, KELUARKAN baterai telepon. (The first thing we need to work on is the drivers for the phone. We will install it first before everything else. To install it, REMOVE BATTERY of phone.)
  3. Buka Device Manager. (Open Device Manager)
  4. Memperluas Ports (COM & LPT). (Expand Ports (COM & LPT)).
  5. Colokkan kabel USB. Dan dengan cepat mencari perangkat yang memiliki nama "Preloader" yang akan menginstal, tetapi Windows tidak bisa menemukan driver. (Plug in USB cable. And quickly look for a device which has a name of Preloader that will be installing, but Windows could not find its driver.)
  6. Hanya untuk... sepertinya 3 detik dari saat Anda memasang kabel USB ke telepon, itu akan hilang. Jadi, Anda harus cepat. Sebelum itu akan hilang, klik kanan dan klik Update Driver. Pilih secara manual menginstal driver dan arahkan ke folder Lenovo A369i_ direktori file driver. Sekarang, Anda akan memiliki MediaTek Preloader USB VCOM Port. (For just... like 3 seconds from the moment you plug in USB cable to the phone, it will be gone. So, you need to be fast. Before it will be gone, right click it and click Update Driver. Choose manually install driver and point it to the directory folder Lenovo A369i_ driver file. Now, you will have MediaTek Preloader USB VCOM Port.)
  7. Berikutnya adalah Upgrade perangkat lunak. Buka folder Lenovo A369i_Software Upgrate alat dan jalankan Flash_tool.exe (Next is the Software Upgrade Tool. Open the folder Lenovo A369i_Software Upgrate Tool and run Flash_tool.exe)
  8. Klick File -> Open Scatter-loading File... -> Browse ke folder Target_bin dan klik file MT6572_Android_scatter.txt (Click File -> Open Scatter-loading File... -> browse to the folder Target_bin and click the file MT6572_Android_scatter.txt)
  9. Centang kotak DA DL semua dengan memeriksa... (Check the box DA DL All With Check..)
  10. Cabut kabel usb (Unplug USB cable.)
  11. Colokkan lagi dan setelah 1,5 detik ( anda harus cepat ), klik download. (Plug it again and after 1.5 sec (you need to be fast), click Download.)
  12. Jika Anda melakukannya dengan benar akan mulai men-download file ke telepon. Ini kita akan mulai menghindari kesalahan seperti kesalahan dalam partisi di SDCARD. Menunggu lingkaran hijau untuk pop keluar. (If you did it right it will start downloading files into phone. This will let us avoid future errors like error in partition in SDCARD. Wait for the GREEN CIRCLE to pop out.)
  13. setelah itu, Hapus centang pada kotak DA DL semua dengan memeriksa. (After that, uncheck the box DA DL All With Check.)
  14. Cabut kabel usb lalu colokkan lagi, untuk 1,5 detik klik Firmware -> Upgrade button (Unplug USB cable, then plug it again, for 1.5 sec click Firmware -> Upgrade button)
  15. Menunggu itu, ini akan memakan waktu.Bahkan jika itu menunjukkan 0 % itu masih bekerja yang ajaib.Anda hanya perlu menunggu hijau lingkaran untuk mengeluarkan. (
  16. Wait for it, it will take time. Even if it shows 0% it is still working its magic. You just need to wait for the GREEN CIRCLE to pop out.)
  17. Setelah itu, cabut kabel USB. (After that, unplug USB cable.)
  18. Pasang Batre. (Put battery on.)
  19. Hidupkan ponsel. (Turn on phone.)
  20. Tunggu dan BOOM!!! (Wait for it, and BOOM!!!)
Tutorial video Flash Lenovo A369i:

9 komentar untuk "Flashing Lenovo A369i"

  1. Terima kasih, gan....
    salam juga....

    BalasHapus
  2. gan perbedaan row s108 ama row s110 beda nya di mna nya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada row 108 tidak ad pilihan update system sedangkan s110 ada, terus mungkin pada row108 settingn 3Gx masih blm lengkap, sedangkan s110 sudah ada perbaikan pada settingan 3G.

      Hapus
  3. Apa akibatnya jika pada saat klik firmware-update botton centang pada DA dan DL tidak di hapus...karena di blog sebelah yang saya baca itu tida dilakukan. Tolong masukannya, krn hp lenovo sy skrg ada kerusakan software mau sy flashing

    BalasHapus
    Balasan
    1. DA DL all With Checksum. Fungsinya sejenis MD5 untuk SPFT. Kalau dicentang, maka SPFT akan cek di folder scatter nya ada file checksum.ini gak. Checksum.ini berisi ukuran dari semua image yang akan diload di scatter. Kalau misalnya ukurannya image yang diload beda dengan checksum.ini, maka SPFT akan nolak download ataupun firmware upgrade. Sejenis cek keamanan lah, supaya user kalau salah pilih image, SPFT akan nolak dan kasih warning. Cuma kalau checksum.ini ini ga ada, dicentang pun tetap bisa download.

      Hapus
  4. Terima kasih,, sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  5. Tutorialnya sangat mudah dimengerti, terima kasih

    BalasHapus

Dilarang Anonym